Tes yang Wajib Dilakukan Saat Hamil

Tim Dokter Bima - 31/07/2016

Pada saat hamil beberapa pemeriksaan harus dilakukan untuk memantau kesehatan ibu serta pertumbuhan dan perkembangan janin. Berikut beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan:

 

Kontrol rutin

Biasanya setelah melakukan pemeriksaan kehamilan, ibu hamil akan dijadwalkan untuk kontrol rutin oleh dokter atau bidan yang merawat. Kontrol ini diantaranya adalah untuk mengecek berat badan, tensi, pemeriksaan fisik dan juga usg.

 

Pemeriksaan darah

Ada beberapa pemeriksaan darah yang akan dilakukan, diantaranya adalah :

  1. Cek HB untuk memastikan kadar HB ibu. Jika terdapat nilai yang tidak normal, hal ini akan menyebabkan perkembangan janin terganggu atau menyebabkan risiko perdarahan saat persalinan.
  2. Cek gula darah biasanya dilakukan untuk mengetahui ataupun mencegah diabetes pada ibu.
  3. Pemeriksaan TORCH untuk mengetahui ada tidaknya infeksi pada tubuh ibu hamil karena jika ibu mengalami infeksi TORCH dapat mengakibatkan cacat hingga kematian pada janin yang dikandungnya.

 

Pemeriksaan detak jantung

Untuk mengetahui kesehatan janin dalam kandungan, alat yang digunakan yaitu doopler dimana ibu pun dapat mendengarkan detak jantung dalam kandungannya.

 

Pemeriksaan urin

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi pada saluran kemih.

 

Supaya ibu dan janin sehat, sebaiknya semua ibu hamil melakukan beberapa pemeriksaan tersebut yang biasanya sudah dijadwalkan oleh dokter yang merawat.

Manfaat Kacang Mede (Cashew Nut)

Tim Dokter Bima - 24/01/2017

Hidup Sehat dengan Makanan Fermentasi

Tim Dokter Bima - 23/12/2016

Pentingnya Menggunakan Sublock

Tim Dokter Bima - 24/07/2016