Tips Mencegah (dan mengatasi) Mata Lelah Akibat Komputer (atau Gadget)

Tim Dokter Bima - 19/01/2017

Berada di depan layar komputer selama berjam-jam sudah menjadi kebiasaan rutin masyarakat modern saat ini. Laptop, gadget dan komputer personal menjadi bagian dari keseharian masyarakat yang sama pentingnya dengan makan.

Anda mungkin salah satu yang sering mengalami eye strain atau mata lelah disebabkan karena terlalu lama menatap layar gadget atau komputer. Pusing, mata berair, sekitar mata terasa tegang atau tertarik ke belakang, kelelahan, pandangan kabur dan meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya adalah beberapa gejala yang sering dirasakan berkaitan dengan mata lelah.

Mengurangi porsi waktu Anda berada di depan komputer mungkin dapat membantu mengembalikan rasa nyaman Anda. Tahukah Anda, kita dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah supaya mata kita tidak mudah lelah atau mengurangi gejala yang timbul, yakni:

  1. Melakukan Yoga untuk mata

Yoga dipercaya dapat membantu otot-otot tubuh kembali rileks setelah aktivitas yang padat dan intens. Yoga juga meningkatkan produksi hormon endorphin, yakni hormon yang membuat seseorang merasa nyaman. Berikut beberapa gerakan yoga untuk mata Anda setelah beberapa jam yang melelahkan di depan layar komputer:

 

  • Pertama-tama gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk menciptakan energi panas.
  • Tempelkan kedua telapak tangan di kedua mata hingga seluruh energi panas terserap.
  • Bentangkan kedua lengan Anda ke kanan dan kiri
  • Lirik-kan mata Anda ke kanan selama 30 detik
  • Lalu pindahkan lirikan ke kiri selama 30 detik
  • Ulangi gerakan sebanyak 2 atau 3 kali
  • Pindahkan bentangan kedua lengan ke arah serong (sekitar 35 derajat) dari mata Anda
  • Lirik-kan mata Anda kea rah kedua lengan selama 30 detik secara bergantian dan ulangi selama 30 detik.
  • Lirikkan mata Anda ke atas dan ke bawah secara bergantian dan tunggu selama 30 menit lalu ulangi sebanyak 3 kali.
  • Putar kedua bola mata selama 30 detik.

 

  1. Berolah raga

Di tengah-tengah aktivitas Anda, ambil lah waktu sejenak untuk beranjak dari tempat duduk dan berjalan lah keluar dari ruangan entah untuk membuat kopi atau melakukan gerakan senam kecil. Ini akan membantu membuat otot-otot Anda rileks.

 

  1. Ambil Waktu istirahat

Anda bisa memanfaatkan waktu libur Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang melatih mata Anda memandang jauh, seperti pergi ke pegunungan atau tamasya ke pantai. Atau jika Anda terlalu sibuk, cukup ambil waktu istirahat tiap beberapa menit sekali dan lempar mata Anda ke arah yang jauh.

 

  1. Posisikan Layar

Posisikan layar Anda sedikit lebih rendah dari kedua mata dan sejauh lengan Anda membentang lurus ke depan. Duduklah dengan nyaman namun masih tetap tegak.

 

  1. Ubah Ukuran Font di Layar

Ubah ukuran font di layar menjadi lebih besar supaya mata Anda tidak perlu berakomodasi terlalu berat.

 

  1. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Gunakan penerangan yang tepat supaya cahaya yang diperlukan mata untuk bekerja terbilang cukup.

 

  1. Pakai Kacamata Khusus

 

Saat ini di pasaran sudah banyak dijual berbagai macam kacamata yang mampu mencegah mata Anda terlalu lelah saat berada di depan komputer. Kacamata khusus ini bekerja membantu mengurangi spektrum cahaya pengganggu sehingga mata Anda dapat lebih fokus, mengurangi gejala-gejala eye strain.

 

  1. Makan Makanan Bernutrisi

Minyak ikan, kerang-kerangan, kuning telur, buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan mata. Pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah cukup atau bahkan menambah porsinya dalam menu makan keseharian Anda.

 

Demikian tips dari kami, semoga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata.

 

Ingin tahu lebih lanjut?

Hubungi kami melalui aplikasi Doktermu.

 

TIM DOKTER BIMA

Gusi Bengkak? Karang Gigi? atau Gigi Berlubang? Jangan buru-buru menambal atau cabut gigi!

Tim Dokter Bima - 17/01/2017

Air Minum Sehat untuk Hidup yang Lebih Baik

Tim Dokter Bima - 10/01/2017

Obat Maag Untuk Anak, Amankah?

Tim Dokter Bima - 09/01/2017